Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) Akan Diujikan di UN 2012

Tahun ini, Panitia Ujian Nasional (UN) membuat kebijakan baru, yaitu Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) akan distandarkan secara nasional. Kebijakan ini mulai diberlakukan pada pelaksanaan ujian sekolah tahun 2012 ini. Untuk soal, Panitia mengaku masih melakukan pembahasan terkait soal ujian yang akan disamakan untuk seluruh sekolah di setiap propinsi.

Soal Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk UN 2012

Sedikit bocoran, soal nantinya menggunakan model pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit. Rencananya ujian PAI (khusus untuk SD dan SMP se Kabupaten Katingan berdasarkan kesepakatan pada saat sosialisasi US tanggal 8 Maret 2012) untuk SD pada 2 April 2012 dan untuk SMP pada 21 Maret 2012.

Menurut sumber, nantinya 25% soal akan dibuat oleh Kementerian Agama (Kemenag) Pusat. Sedangkan 75% soal akan dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI. Selanjutnya, untuk penggandaan soal akan dilakukan oleh Kemenag provinsi. Dari provinsi, soal akan disistribusikan ke tingkat kota.

Bagaimana dengan soal pendidikan agama selain Islam? Masih menurut sumber yang sama dari Panitia Ujian Nasional (UN), soal akan dibuat oleh sekolah masing-masing. Namun rencananya ke depan, soal akan disamakan untuk seluruh sekolah di setiap propinsi.

Dengan adanya UN Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa memang harus belajar lebih keras. Namun, diharapkan setiap siswa lulus dengan pemahaman agama yang baik, yang semoga juga bisa mempengaruhi sikapnya di masyarakat.

Untuk mendapat Pedoman Pelaksanaanya dapat di download disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s